computer

Mengapa Sistem Windows Selalu Menggunakan Drive Letter C: ?

Hampir selama hard disk drive ditempatkan di komputer pribadi (PC) yang menjalankan sistem operasi populer tertentu (terutama MS-DOS / Windows), hard disk utama pasti selalu menggunakan path “C:” sebagai partisi sistem. Tapi kenapa?

Gagasan untuk menggunakan perangkat penyimpanan yang berbeda dengan huruf sederhana umumnya dikaitkan dengan sistem operasi mesin virtual IBM yang dikembangkan pada tahun 1960an, dimulai dengan sistem CP-40 dan CP/CMS mereka, dan kemudian yang sangat terkenal, antara lain disalin oleh Sistem operasi CP/M yang dibuat oleh perusahaan Digital Research, Inc. Pada sistem awal (CP/CMS), sebagian besar path tersebut digunakan untuk logical drives, walaupun kemudian (seperti CP/M), path tersebut digunakan untuk menentukan perangkat penyimpanan fisik.

Ini semua membawa kita ke tahun 1980 ketika IBM mencoba menggunakan sistem operasi CP/M yang relatif populer di IBM Personal Computer (PC). Pembicaraan terhambat antara IBM dan Digital Research, Inc, dengan alasan yang tidak sepenuhnya jelas hingga hari ini. Masalah dikabarkan telah dimulai saat Dorothy Kildall, istri pencipta CP/M Gary Kildall, menolak untuk menandatangani perjanjian non-disclosure dengan IBM pada awal negosiasi. Dia seharusnya mengatakan kepada mereka bahwa dia tidak akan menandatangani dokumen semacam itu tanpa berbicara dengan suaminya terlebih dahulu, yang berada di luar kota untuk urusan bisnis. Ini adalah langkah yang agak tidak biasa karena Gary sering meninggalkan negosiasi bisnis semacam itu kepadanya.

Penolakan ini untuk menandatangani perjanjian non-disclosure, yang konon sangat mengganggu perwakilan IBM, semua seharusnya berdasarkan saran dari Gerry Davis, pengacara Digital Research, Inc. Tetapi mengingat hal semacam ini adalah praktik standar untuk banyak negosiasi bisnis, semuanya tampak sangat aneh melihat ke belakang, dan mereka yang terlibat tidak membantu akun mereka yang bentrok.

Apa yang terjadi setelah tidak ada pemecahan masalah yang lebih jelas? Gary Kildall kemudian mengklaim, setelah kembali dari perjalanan bisnisnya yang kecil, dia dan istrinya mencapai kesepakatan jabat tangan dengan perwakilan IBM, Jack Sams, saat naik pesawat untuk berlibur bersama pasangan tersebut. Dia mengklaim IBM tidak menghormati kesepakatan itu. Sams mengatakan bahwa tidak ada yang pernah terjadi.

Apapun masalahnya, yang kita tahu pasti adalah bahwa IBM beralih dari CP/M yang kemudian relatif populer untuk berurusan dengan Microsoft, yang pada gilirannya membeli lisensi ke kloning CP/M yang disebut 86-DOS. Mereka kemudian menyesuaikan 86-DOS untuk PC baru IBM, dengan beberapa perubahan signifikan yang dilontarkan, dan mencapnya MS-DOS, meski disebut PC DOS oleh IBM.

Berdasarkan kloning CP/M, antara lain, MS-DOS meminjam skema penulisan disk drive dari CP/M, yang telah meminjamnya dari sistem IBM sebelumnya. Dengan menyalin banyak elemen sistem CP/M, perangkat lunak memungkinkan paket perangkat lunak populer yang bisa dijalankan di CP/M agar mudah di porting ke MS-DOS dan digunakan pada PC IBM yang baru.

Ini semua membawa kita kembali ke skema penulisan huruf drive tertentu. PC awal biasanya tidak dilengkapi dengan perangkat penyimpanan massal internal karena biaya yang cukup mahal (meskipun HDD telah ada sejak tahun 1950an). Sebagai gantinya, mereka umumnya memiliki semacam disket disk “floppy disk”, seperti yang digunakan untuk membaca 5 1/4″ disket, yang awalnya diberi label “A” di MS-DOS dan beberapa sistem operasi lainnya. Beberapa sistem dilengkapi dengan dua disket floppy seperti itu yang membutuhkan kebutuhan akan “B”. Bila floppy disk 3.5″ (yang sebenarnya bukan floppy sama sekali kecuali Anda memisahkannya dari internalnya) biasanya ditambahkan, dengan menggunakan “A” dan “B”untuk drive floppy sudah berada di internal.

Ketika hard disk drive menjadi standar di sebagian besar PC di tahun 1980an, karena dua huruf pertama sudah umum digunakan untuk drive floppy ini, mereka secara logis mencap perangkat penyimpanan ketiga “C”, meskipun sekarang cenderung menjadi media penyimpanan utama. Untuk komputer, termasuk biasanya yang berisi sistem operasi.

Meskipun sistem yang sangat kecil saat ini masih mengandung floppy disk drive, skema penetapan drive ini tetap ada, dengan “A” dan “B” sering kali masih diperuntukkan bagi floppy drive. Tentu saja, huruf-huruf ini tidak diatur dengan baku pada sistem modern dan Anda dapat dengan mudah mengubah, menghapus atau menambahkan huruf drive (mewakili drive fisik dan logis) jika Anda memiliki hak administratif.

Source: http://www.todayifoundout.com/index.php/2015/04/c-drive-default-windows-based-computers-2/

Published by

Ridho Muhammad

I am ? Pescetarian, I am ? Techno-enthusiast, I am ? Cinephilia, and I am ? Audiophile too.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.