domain-logo

Pengertian Website dan Bermacam Jenisnya

Kemarin ini sempat ada pengunjung yang mengirimkan pesan kepada saya, dan menanyakan mengenai bedanya antara website dan blog. Sehingga saya jelaskan sekalian saja ya pada posting ini Pengertian Website dan Bermacam Jenisnya, mungkin juga masih banyak yang belum mengetahui mengenai perbedaan ini, atau bahkan menganggap bahwa hal tersebut adalah sama. Nah disini saya akan membahas kedua hal tersebut, yaitu mengenai perbedaan blog dan website. Untuk memulai pembahasan maka saya akan memulainya dengan pengertian terlebih dahulu sebagai berikut:

Pengertian Website

Sebuah website, atau dalam Bahasa Indonesia juga ditulis sebagai situs web, adalah kumpulan halaman web terkait, termasuk konten multimedia, biasanya diidentifikasi dengan nama domain yang umum, dan diterbitkan pada setidaknya satu web server. Sebuah situs web dapat diakses melalui jaringan publik Internet Protocol (IP), seperti Internet, atau jaringan area lokal pribadi (LAN), dengan referensi uniform resource locator (URL) yang mengidentifikasi situs. Semua situs yang dapat diakses publik secara kolektif membentuk World Wide Web (WWW), sementara situs pribadi biasanya bagian dari intranet (berjalan pada lokal area).

Halaman web, yang merupakan blok bangunan dari situs, adalah dokumen, biasanya terdiri dalam teks biasa diselingi dengan format instruksi dari Hypertext Markup Language (HTML, XHTML). Mereka dapat menggabungkan unsur-unsur dari situs-situs lain dengan anchor markup yang sesuai. Halaman web yang diakses dan diangkut dengan Hypertext Transfer Protocol (HTTP), yang mungkin juga bisa menggunakan enkripsi (Secure HTTP, HTTPS) untuk menyediakan keamanan dan privasi bagi pengguna. Aplikasi pengguna, sering web browser, membuat konten halaman sesuai dengan instruksi HTML markup ke terminal layar.

Hyperlink di antara halaman web menyampaikan kepada pembaca struktur situs dan panduan navigasi situs, yang sering dimulai dengan halaman rumah yang berisi direktori konten situs web. Beberapa situs web memerlukan pengguna pendaftaran atau berlangganan untuk mengakses konten. Contoh website langganan termasuk situs bisnis, bagian dari situs-situs berita, situs jurnal akademik, situs game, file-sharing website, papan pesan, email berbasis web, situs jaringan sosial, situs web yang menyediakan data real-time pasar saham, serta situs yang menyediakan berbagai layanan lainnya.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Website yang telah ditranslate kedalam Bahasa Indonesia

Perbedaan Website dengan Blog

Sehingga dapat kita ketahui bahwa webiste atau situs web itu sendiri merupakan kumpulan halaman web yang biasanya dapat kita akses atau kita buka menggunakan aplikasi browser seperti Google Crome, Mozilla Firefox, Opera, Intenet Explorer, UC Browser, dan browser lainnya. Lalu apa bedanya dengan blog? Bukankah blog itu sendiri merupakan halaman web yang dapat diakses menggunakan browser? Yup sebenarnya tidak ada bedanya. Blog itu sendiri merupakan salah satu jenis website, sehingga kita tidak bisa membedakan antara website dengan blog, karena memang pada dasarnya blog adalah sebuah website juga, namun dengan konsep website yang berbeda. Dalam website itu sendiri terdapat jenis – jenisnya, yang dibagi berdasarkan konsep dari website tersebut. Berikut adalah jenis – jenis website:

Jenis – Jenis Website

  1. Website Affilasi : Sebuah situs, biasanya beberapa di halaman, yang tujuannya adalah untuk menjual produk pihak ketiga. Penjual menerima komisi untuk memfasilitasi penjualan.
  2. Website Affilasi Agency : Diaktifkan Portal yang membuat tidak hanya kustom CMS tetapi konten juga sindikasi dari penyedia konten lainnya untuk imbalan yang telah disepakati. Biasanya ada tiga tingkatan hubungan. Contohnya adalah Pengiklan seperti Lazada Affilate, eBay, dan Yahoo!.
  3. Situs Arsip : Digunakan untuk melestarikan konten elektronik berharga yang terancam punah. Dua contoh adalah: Internet Archive , yang sejak tahun 1996 telah menyimpan miliaran halaman web lama (dan baru); dan Grup Google , yang pada awal tahun 2005 pengarsipan lebih 845.000.000 pesan yang diposting ke Usenet kelompok berita / diskusi. Contohnya adalah Internet Archive dan Grup Google.
  4. Situs Attack : Sebuah situs yang dibuat khusus untuk menyerang komputer pengunjung pada kunjungan pertama mereka ke situs web dengan men-download file (biasanya trojan horse). Website ini mengincar pengunjung yang tidak terlalu perduli dengan keamanan dan memiliki antivirus yang lemah.
  5. Blog (Web Blog) : Situs umumnya digunakan untuk mengirim buku harian online yang mungkin termasuk forum diskusi (misalnya, Blogger , Xanga, dan WordPress ). Banyak blogger menggunakan blog seperti bagian editorial surat kabar untuk mengekspresikan ide-ide mereka tentang apa saja mulai dari politik ke agama untuk video game untuk orangtua, bersama dengan apa pun di antara. Beberapa blogger blogger profesional dan mereka dibayar untuk blog tentang topik tertentu, dan mereka biasanya ditemukan di situs berita. Contohnya adalah WordPress.com, Blogspot.com, dan Mywapblog.com.
  6. Situs Pembangun Merek : Sebuah situs dengan tujuan menciptakan pengalaman merek online. Situs-situs tersebut biasanya tidak menjual apa-apa, tetapi fokus pada membangun merek. Situs membangun merek yang paling umum untuk rendah-nilai, volume tinggi yang bergerak cepat barang konsumen(FMCG).
  7. Situs Selebriti : Sebuah situs informasi yang berputar di sekitar selebriti. Situs-situs tersebut dapat resmi (didukung oleh selebriti) atau fan-made (dijalankan oleh penggemar atau penggemar selebriti tanpa dukungan implisit). Contohnya adalah oktavita.com, hot.detik.com, dan celebrity.okezone.com.
  8. Crowdfunding website : Platform untuk mendanai proyek-proyek dengan pra-pembelian produk. Contohnya adalah Kickstarter.
  9. Situs Amal-Klik-Donasi : Sebuah situs web yang memungkinkan pengunjung untuk menyumbangkan untuk amal hanya dengan mengklik tombol atau menjawab pertanyaan dengan benar. Pengiklan biasanya menyumbangkan ke badan amal untuk setiap jawaban yang benar dihasilkan.
  10. Situs Komunitas: Sebuah situs di mana orang dengan minat yang sama berkomunikasi satu sama lain, biasanya dengan chatting, pesan dinding, foto dan video, serta fitur lain yang dimiliki sosial media tersebut. Contohnya adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan Google Plus.
  11. Situs Konten : Sebuah situs bisnis yang merupakan penciptaan dan distribusi konten asli. Contohnya adalah Wikihow dan About.com.
  12. Situs Iklan Baris : Sebuah iklan situs penerbitan diklasifikasikan. Contohnya adalah kunjungin.com dan iklanbaris.co.id.
  13. Situs Perusahaan : Digunakan untuk memberikan informasi latar belakang tentang bisnis, organisasi, atau layanan. Contohnya adalah pertamina.com, pln.co.id, dan tri.co.id.
  14. Situs Kencan : Sebuah situs di mana pengguna dapat menemukan satu orang lain yang mencari hubungan yang panjang rentang, kencan, atau hanya teman. Banyak dari mereka yang membayar per layanan, tetapi ada banyak situs kencan gratis atau sebagian gratis. Sebagian besar situs kencan hari ini memiliki fungsi situs jejaring sosial. Contohnya adalah Match.com.
  15. Situs Perdagangan : Sebuah situs menawarkan barang dan jasa untuk dijual secara online dan memungkinkan transaksi online untuk penjualan tersebut. Contohnya adalah Lazada.co.id, Elevenia.co.id, dan Tokopedia.
  16. Forum : Sebuah situs di mana orang mendiskusikan berbagai topik. Contohnya adalah Kaskus, Diskusi Web Hosting, dan ads.id.
  17. Situs Galeri : Sebuah situs web yang dirancang khusus untuk digunakan sebagai galeri; ini mungkin sebuah galeri seni atau galeri foto dan alam komersial atau non-komersial. Contohnya adalah deviantart.
  18. Situs Pemerintah : Sebuah situs web yang dibuat oleh lokal, negara bagian, departemen atau pemerintah nasional suatu negara. Biasanya situs-situs tersebut juga mengoperasikan situs web yang dimaksudkan untuk menginformasikan wisatawan atau pendukung pariwisata. Contohnya adalah bi.go.id, pajak.go.id, dan kemdikbud.go.id.
  19. Situs Keluhan : Sebuah situs yang ditujukan untuk kritik dari orang, tempat, perusahaan, pemerintah, atau lembaga. Contohnya lapor.go.id.
  20. Situs Game dan J*di : Sebuah situs yang memungkinkan pengguna bermain game online. Beberapa memungkinkan orang untuk berj*di online.
  21. Situs Humor : Satirizes, parodi atau ada hanya untuk menghibur. Contohnya adalah 9gag dan 1cak.
  22. Situs Informasi : Kebanyakan website masuk dalam kategori ini sampai batas tertentu. Mereka tidak perlu harus tujuan komersial. Contohnya Okezone dan Detik.
  23. Situs Media Sharing : Sebuah situs yang memungkinkan pengguna untuk meng-upload dan melihat media seperti gambar , musik , dan video. Contohnya Youtube dan Vine.
  24. Situs Mirror : Sebuah situs web yang adalah replikasi dari website lain. situs dengan jenis ini digunakan sebagai respon terhadap lonjakan pengunjung pengguna. Situs mirror yang paling sering digunakan untuk menyediakan berbagai sumber informasi yang sama, dan nilai khusus sebagai cara untuk menyediakan akses yang dapat diandalkan untuk download besar. Contoh Mirrorcreator untuk membuat mirror files.
  25. MicroBlogging : Bentuk pendek dan sederhana blogging. Mikroblog terbatas jumlah karakter tertentu dan bekerja sama dengan update status di Facebook.  Contohnya Plurk.
  26. Situs Berita : Serupa dengan situs informasi, tetapi didedikasikan untuk meracik berita, politik, dan komentar. Contohnya detik.com, okezone, dan liputan6.
  27. Situs Pribadi : Website tentang individu atau kelompok kecil (seperti keluarga) yang berisi informasi atau konten yang ingin individu untuk memasukan. Situs pribadi seperti ini berbeda dari situs Celebrity , yang bisa sangat mahal dan dijalankan oleh humas atau instansi. Contohnya RDH.ASIA.
  28. Situs Phising : Sebuah website dibuat untuk curang memperoleh informasi sensitif , seperti password dan kartu kredit rincian, dengan menyamar sebagai orang yang dapat dipercaya atau bisnis (seperti Jamsostek Administrasi , PayPal ) dalam sebuah komunikasi elektronik. Contohnya adalah situs pemalsuan paypal namun dengan domain yang berbeda (bukan paypal.com).
  29. Situs Berbagi Foto : Sebuah situs web yang dibuat untuk berbagi foto dengan komunitas online. Contohnya adalah Instagram.
  30. Situs Torent : Website yang file indeks torrent. Situs dengan jenis ini berbeda dari torrent client Bit yang biasanya software yang berdiri sendiri. Contohnya adalah Mininova, The Pirate Bay, adalah isoHunt.
  31. Situs Politik : Sebuah situs di mana orang dapat menyuarakan pandangan politik, menunjukkan humor politik, berkampanye untuk pemilu, atau menampilkan informasi tentang partai politik tertentu atau ideologi. Contohnya demokrat.or.id dan pdiperjuangan.or.id.
  32. Situs P*rno : Sebuah situs yang menampilkan konten dewasa untuk 18+.
  33. Situs Tanya Jawab : Situs jawabannya adalah sebuah situs di mana orang dapat mengajukan pertanyaan & mendapatkan jawaban. Contohnya Yahoo! Answer, dan Stack Overflow.
  34. Situs Review : Sebuah situs di mana orang dapat memposting ulasan untuk produk atau jasa. Contohnya RDH.ASIA.
  35. Situs Sekolah : situs yang guru, siswa, atau administrator dapat mengirim informasi tentang peristiwa terkini di atau melibatkan sekolah mereka. Contohnya situs dengan domain .sch.id.S
  36. Situs Scraper : situs yang sebagian besar duplikat tanpa izin isi situs lain, tanpa benar-benar berpura-pura menjadi situs yang, untuk menangkap beberapa lalu lintas yang situs (terutama dari search engine) dan keuntungan dari pendapatan iklan atau dengan cara lain. Contohnya pengguna wordpress dengan duplicate / generated konten dari blog lain.
  37. Mesin Pencari : Sebuah situs web yang indeks materi di Internet atau intranet (dan akhir-akhir ini di media tradisional seperti buku dan surat kabar) dan menyediakan link ke informasi sebagai tanggapan atas permintaan. Contoh Google, Yahoo!, dan Bing.
  38. Situs Sosial Bookmark : Sebuah situs di mana pengguna berbagi konten lainnya dari Internet dan tingkat dan komentar pada konten. Contohnya adalah seperti Digg.
  39. Sosial Media : Sebuah situs di mana pengguna bisa berkomunikasi dengan satu sama lain dan berbagi media, seperti gambar, video, musik, blog, dll dengan pengguna lain. Ini mungkin termasuk game dan aplikasi web . Contohnya Facebook, Twitter, Google Plus, dan Lainnya.
  40. Warez : Sebuah situs yang dirancang untuk menjadi tuan rumah atau link ke bahan seperti musik, film dan perangkat lunak bagi pengguna untuk men-download. Biasanya ini menjadi hal yang dilarang bagi banyak hosting karena memakan banyak resource dari hosting tersebut, mengingat fungsinya yang menjadi pusat download file yang biasanya ilegal.
  41. Webcomic : Secara online komik , mulai dalam berbagai gaya dan genre unik untuk World Wide Web. Contohnya ngomik.com, mangaku.web.id, dan mangado.web.id.
  42. Webmail : Sebuah situs yang menyediakan layanan webmail. Contohnya Gmail, Outlook, dan Yahoo! Mail.
  43. Portal Web : Sebuah situs yang menyediakan titik awal atau pintu gerbang ke sumber daya lainnya di Internet atau intranet. Contohnya msn.com, msnbc.com, dan Yahoo!.
  44. Situs Wiki : Sebuah situs di mana pengguna kolaboratif mengedit isinya dan biasanya berisi mengenai informasi atau pengetahuan tertentu. Contohnya Wikipedia, Wikia, dan Wikihow.
  45. Situs Penyimpanan File : Ini merupakan situs untuk penyimpanan file online yang dapat diakses oleh banyak orang maupun private. Contohnya adalah Google Drive, Onedrive, dan Dropbox.
  46. Situs Onion: Sebuah situs hanya hanya bisa diakses pada jaringan TOR saja. Contohnya seluruh domain yang memiliki ekstensi *.Onion.

Nah sekarang sudah mengertikan apa itu website dan apa saja jenisnya. Ternyata ada banyak sekali jenis website yang sudah ada saat ini, mungkin yang bagikan diatas belum lah semuanya. Bila ada yang masih dibingungkan atau ingin ada yang didiskusikan bisa langsung komentar dibawah atau kirim pesan langsung ke saya ya.

Published by

Ridho Muhammad

I am ? Pescetarian, I am ? Techno-enthusiast, I am ? Cinephilia, and I am ? Audiophile too.

3 thoughts on “Pengertian Website dan Bermacam Jenisnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.