cloudflare-banner

Universal SSL Gratis Dari Cloudflare

Universal SSL Gratis Dari Cloudflare

Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai SSL Free Gratis Letsencrypt, kali ini saya ingin membahas mengenai salah satu provider atau penyedia layanan SSL Gratis a.k.a Free. Provider kali ini datang dari Cloudflare yaitu produk Universal SSL Gratis Dari Cloudflare. Salah satu penyedia layanan DNS Name Server dan CDN ini, juga menawarkan penggunanya untuk bisa menggunakan protokol 443 atau Secure Socket Layer (SSL) pada website yang menggunakan layanan DNS Name Server mereka.

Untuk menggunakan layanan SSL ini, anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri dan mempointing domain ke NS cloudflare. Untuk mendaftar bisa langsung kesini. Lakukan pendaftar sama seperti pendaftar pada umumnya di internet, bila diminta verifikasi email ya tinggal di verifikasi saja pada inbox atau kotak spam. Selanjutnya adalah mendaftarkan domain ke dalam layanan DNS NameServer Cloudflare dan kemudian mempointing domain sobat ke nameserver yang diberikan oleh cloudflare. Misalkan mendapatkan nameserver “abby.ns.cloudflare.com” dan “alex.ns.cloudflare.com” maka bisa langsung diarahkan domainnya ke nameserver tersebut. Proses untuk propagation dns dari dns yang lama ke yang baru bisa memakan waktu 24 – 48 jam, namun bisa juga lebih cepat dari itu, tergantung faktor-faktor terkait.

Oke selanjutnya adalah mensetup SSL untuk domain sobat. Seharusnya sudah bisa dilakukan meskipun domain belum propagation sepenuhnya ke Cloudflare. Karena untuk proses pembuat SSL Certificate ini membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam untuk free user, jadi lebih cepat membuatnya, maka akan semakin cepat proses pembuatan SSL Certificate tersebut selesai.

SSL-RDH-ASIA-Cloudflare
SSL-RDH-ASIA-Cloudflare

Gambar diatas merupakan salah satu menu yang ada pada Cloudflare, yaitu bagian menu Crypto atau menu penenkripsian atau Universal SSL Gratis Dari Cloudflare. Pada bagian ini kita bisa mengatur bagaimana sistem penenkripsian domain kita. Bahkan bila kita menggunakan layanan custom SSL bila menggunakan layanan berbayar mereka. Bisa dilihat pada status Certificate sudah aktif atau berstatus “ACTIVE CERTIFICATE”, yang menunjukan bahwa certificate gratis saya sudah aktif dan siap untuk digunakan.

SSL-Option-Cloudflare
SSL-Option-Cloudflare

Diatas merupakan penjelasan dari pilihan mode SSL yang ada pada Cloudflare.

  1. Off : Ini digunakan untuk menonaktifkan SSL atau menutup port 443 pada saat domain kita diakses, sehingga tidak ada data yang terenkripsi antara user dengan server cloudflare maupun antara cloudflare dengan server tempat hosting website atau blog.
  2. Flexible : Ini digunakan untuk mengaktifkan SSL saat user atau pengunjung website / blog meminta data dari server cloudflare, namun antara server hosting website kita tidak akan mendapatkan SSL. Ini cocok untuk website yang tidak dapat menambahkan atau membuat SSL Certificate.
  3. Full SSL : Ini digunakan untuk mengaktifkan SSL saat user atau pengunjung website / blog meminta data dari server cloudflare dan juga saat server cloudflare membuat koneksi dengan server hosting website / blog yang diakses oleh pengunjung. Ini cocok untuk website yang bisa membuat SSL Cerficate mereka sendiri seperti pada VPS, karena tidak dibutuhkan SSL Cerficate yang valid.
  4. Full SSL (strict) : Ini digunakan untuk mengaktifkan SSL saat user atau pengunjung website / blog meminta data dari server cloudflare dan juga saat server cloudflare membuat koneksi dengan server hosting website / blog yang diakses oleh pengunjung. Ini cocok untuk website yang memiliki SSL Certificate Valid atau terdaftar pada provider resmi seperti Godaddy, Comodo, StarSSL, RapidSSL, dan provider lainnya.

Setelah mengaktifkan SSL, maka bisa menunggu kurang lebih 24 jam untuk proses pembuatan Universal SSL tersebut. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan mode “Cloud atau Awan” pada menu DNS. Berikan mode “Cloud atau Awan” pada A record dan CNAME record yang mengarah ke domain yang sudah didaftarkan Universal SSL tersebut.

Published by

Ridho Muhammad

I am ? Pescetarian, I am ? Techno-enthusiast, I am ? Cinephilia, and I am ? Audiophile too.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.